Ciri-ciri mahluk hidup


Mahluk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakan dari benda mati,berikut ini ciri-ciri mahlukhidup

1. Memerlukan makanan
       
    Mahluk hidup memerlukan makanan untuk sumber tenaga sehinggamampu melaksanakan kegiatan sehari-hari, mengganti sel-selyang rusak, dan melakukan pertumbuhan dan perkembangan.

2. Tumbuh dan berkembang

    Tumbuh dan berkembang adalah salah satu dari sekian ciri-ciri organisme yang ada. Pertumbuhan selalu berhubungan erat dengan perkembangan organisme.


  1. TumbuhTumbuh merupakan perubahan ukuran organisme karena bertambahnya sel-sel dalam setiap tubuh organisme yang tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat kuantitatif. Atau secara bahasanya perubahan ukuran organisme dari kecil menjadi besar.Contohnya :Batang tumbuhan yang tadinya 2 cm menjadi 5 cmBayi yang beratnya 5 kg berubah menjadi 6,5 kgBerat tubuh kucing yang tadinya 4 kg menjadi 6 kgKetika kita akan mengukur pertumbuhan tumbuhan ada sebuah alat ukur khusus yang dinamakan auksanometer.
  2. BerkembangBerkembang merupakan salah satu perubahan organisme ke arah kedewasaan dan biasanya tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat kualitatif.


3. Peka terhadap rangsangan

   Peka terhadap rangsang merupakan salah satu gejala biotik. Peka terhadadap rangsang/ Daya Iritabilitas maksudnya yaitu makhluk hidup peka terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa rangsang. Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, rasa atau sentuhan

4. Berkembang biak

    Berkembang biak adalah menghasilkan keturunan. Kamu tentu tahu bahwa setiap makhluk hidup tidak dapat hidup selamanya. Untuk melestarikan jenisnya maka makhluk hidup memiliki kemampuan berkembang biak.

5. Bergerak

    Mahluk hidup ada yang bergerak secara aktif (dengan berpindah tempat) dan bergerak secara pasif (misalnya seperti tumbuhan)

6 .Bernafas

    yaitu proses memaksukan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air

7. mengeluarkan zat sisa

    sistem pembuangan zat-zat sisa pada makhluk hidup seperti karbon dioksidaurearacun dan lainnya.

8. Beradaptasi

   Adaptasi adalah kemampuan atau kecenderungan makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru untuk dapat tetap hidup dengan baik. 

9. Tersusun oleh sel

   Selmerupakan unit terkecil yang menyusun tubuh mahluk hidup
Previous
Next Post »

2 coments

Click here for coments
Unknown
admin
26 Juli 2014 pukul 03.34 ×

lengkap sekali gan :)

thanks....

Reply
avatar
mhafizp
admin
26 Juli 2014 pukul 03.35 ×

sama-sama, thanks dah berkunjung

Reply
avatar
Thanks for your comment